Header Ads

SOAL HOTS Uji Kompetensi Animasi 2 Dimensi, Kompetensi Dasar 3.1. Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)

soal hots ujikom animasi multimedia smk

Pandemi Covid 19 jangan sampai menghentikan proses belajar mengajar. Saat ini Belajar dirumah menjadi salah satu cara yang diterapkan guna membantu pemerintah dalam upaya menghentikan penyebaran wabah. penggunaan internet pun menjadi salah satu media dalam penyampaian materi pembelajaran. setiap pembelajaran tentunya akan disertai dengan evaluasi hasil pembelajaran berupa uji kompetensi kemampuan baik dengan cara praktikum maupun teori dengan menyelesaikan soal latihan. Berikut contoh soal HOTs uji kompetensi untuk mata pelajaran Animasi 2 Dimensi Kompetensi Dasar (KD 3.1.) Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (Vektor)

Soal Pilihan Ganda!

Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E, serta tuliskan alasannya!

1. Penggunaan bidang multimedia salah satunya adalah pembuatan animasi. Animasi merupakan sekumpulan gambar yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk suatu rangkaian ilusi gerakan. Salah satu pemanfaatan animasi di kehidupan sehari-hari adalah animasi 2D iklan himbauan masyarakat. Animasi 2D digunakan untuk pembuatan iklan karena ....

A. animasi 2D memiliki elemen-element yang cocok untuk dijadikan sebagai iklan

B. animasi 2D terdiri dari gambar vektor sehingga memiliki kualitas yang baik

C. animasi 2D merupakan alternatif untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat agar lebih menarik

D. animasi 2D memiliki rangkaian gerak yang nyata sehingga baik untuk digunakan sebagai iklan.

E. animasi 2D dapat menggunakan efek transisi dan efek fisual yang identik dengan iklan

Alasan : ..........

2. Salah satu siswa kelas XI SMK BISA diminta untuk membuat animasi BUS yang melintas jalan di area pegunungan dengan lintasan berkelok-kelok. Tugas tersebut harus diselesaikan selama satu hari. Jenis teknik pembuatan animasi 2D yang tepat dipilih oleh siswa tersebut adalah teknik ....

A. Teknik animasi Path, karena animasi cell hanya dapat digunakan jika memiliki latar belakang yang tidak terlalu rumit

B. Teknik animasi Cell, karena animasi path memiliki proses yang lebih rumit dan memakan waktu yang lebih lama

C. Teknik animasi Cell, karena animasi cell lebih efektif dalam pembuatan animasi yang rumit

D. Teknik animasi Path, karena memiliki tingkat kedetailan animasi yang lebih tinggi.

E. Teknik animasi Path, karena akan lebih sulit jika menggunakan animasi Cell dimana gambar harus dibuat satu per satu.

Alasan : ..............

3. Membuat produk animasi 2D sebaiknya dengan menerapkan perinsip dasar animasi, hal ini bertujuan agar produk animasi yang dihasilkan dapat lebih menarik dan memiliki gerakan yang tidak kaku. Dalam hal penggunaannya untuk membuat sebuah animasi , tips penerapan perinsip animasi yang tepat adalah .....

A. menggunakan seluruh prinsip animasi

B. menggunakan prinsip animasi sesuai dengan kebutuhan animasi

C. menggunakan minimal setengah dari prinsip animasi yang ada

D. menggunakan tidak lebih dari 3 prinsip animasi dalam satu objek

E. menggunakan seluruh perinsip animasi dalam satu objek.

Alasan : ............

4. Siswa akan membuat animasi dengan objek orang berjalan. Siswa tersebut akan menerapkan perinsip dasar animasi 2 Dimensi. Agar animasi tersebut menarik dan tampak seperti nyata, siswa dapat menggunakan perinsip ....

A. Solid Drawing, Anticipation, Staging

B. Straight Ahead, Timing, Spacing

C. Squash And Stretch, Exaggeration, Slow In

D. Follow Through and Overlapping Action, Arcs, Secondary Action

E. Pose to pose, Secondary Action, Appeal

Alasan : ..............


Baca Juga:

SOAL HOTS PILIHAN GANDA MAPEL ANIMASI 3D SMK MULTIMEDIA KD 3.11 S.D KD 3.13

5. Animator harus memiliki kepekaan terhadap objek animasi yang ia buat. Kepekaan kepekaan tersebut diantaranya terhadap anatomi, komposisi, berat, keseimbangan, pencahayaan, dan lain-lain. Untuk dapat mencapai semua itu, dapat dilakukan dengan cara menggambar terus menerus. Hal ini karena ..........

A. Menggambar dapat melatih seseorang untuk memiliki pengamatan yang kuat pada detail

B. menggambar merupakan salah satu perinsip dasar animasi yaitu solid drawing

C. menggambar dapat melatih animator untuk dapat membuat animasi yang baik

D. menggambar merupakan proses yang rumit

E. merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh animator

Alasan : ...................

6. Berikut ini bukan ciri-ciri dari animasi 2 dimensi atau dwi matra, yaitu ....

A. hanya memiliki panjang dan lebar

B. hanya memiliki koordinat X-axis dan Y-axis

C. memiliki permukaan yang rata

D. hanya dapat digunakan untuk pembuatan film kartun

E. memiliki bucu atau sudut kecuali bentuk bulatan

Alasan : .......................

7. Fungsi dari adanya prinsip dasar animasi adalah ....

A. agar setiap animasi yang dibuat terlihat menarik, dramatis, dan karakter mampu melakukan gerakan yang terlihat nyata

B. dapat meningkatkan jumlah penonton

C. agar animasi yang dibuat lebih efektif

D. meminimalisir kesalahan dalam pembuatan animasi

E. meminimalkan waktu pengerjaan suatu animasi

Alasan : ......................

8. Prinsip animasi dimana memberikan efek tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak adalah .....

A. Exaggeration

B. Anticipation

C. Follow Throught

D. Overlapping Action

E. Arcs

Alasan : .........................


Baca Juga:

KUMPULAN KISI KISI SOAL ANIMASI 3D SMK MULTIMEDIA

PERHATIKAN PETUNJUK BERIKUT UNTUK DAPAT MENYELESAIKAN SOAL NOMOR 9 DAN 10!

Petunjuk:

A. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukan hubungan sebab akibat

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukan hubungan sebab akibat

C. Jika pernyataan benar, alasan salah.

D. Jika pernyataan salah, alasan benar.

E. Jika pernyataan dan alasan salah.

Pernyataan.

9. Squash and Stretch adalah prinsip menambahkan efek lentur pada animasi yang digunakan untuk membuat ilusi agar objek seolah olah dapat memuai atau menyusut sehingga dapat memberikan efek dinamis.

Sebab : Fungsi dari prinsip dasar animasi adalah agar animasi yang dibuat dapat melakukan gerakan yang terlihat nyata.

Jawaban : ....

Alasan ......

10. Metode pembuatan animasi dengan menggunakan prinsip Straight Ahead Action lebih efektif jika diterapkan dalam dunia industri.

Sebab : Straight Ahead Action adalah membuat animasi dengan cara menggambar hanya pada keyframe-keyframe tertentu saja.

Jawaban : ......

Alasan ......


Baca Juga:

KUMPULAN KISI - KISI SOAL ANIMASI 2D SMK MULTIMEDIA

SOAL ESSAY!

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Prinsip dasar animasi pertamakali diciptakan melalui buku The Illlusion of life : Disney Animation. Jelaskan pentingnya perinsip dasar animasi dalam pembuatan produk animasi!

Jawaban : .................

2. Setidaknya terdapat 12 prinsip dasar animasi. Jelaskan bagaimana caramu melakukan analisis untuk menentukan prinsip animasi yang akan digunakan dalam sebuah kerya animasimu!

Jawaban : .....................

3. Jelaskan kendala kendala apa saja yang kamu temukan saat melakukan analisis jenis prinsip animasi yang terdapat pada sebuah film animasi!

Jawaban : .............


No comments