Kategori, Karakteristik, dan Manfaat Multimedia
imagesourch: https://terra-indonesia.co.id/wp-content/uploads/2017/07/multimedia-world.jpg |
Pada modul pembelajaran kali ini, kita akan membahas lebih dalam tentang kategori, karakteristik, dan manfaat Multimedia. modul ini bagian dari materi BAB pertama pada mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio Video, Oleh karena itu harus bersungguh-sungguh dalam memahami materi berikut ini dengan seksama agar mendapat hasil yang maksimal dan mendapat banyak ilmu kedepannya.
A. KATEGORI MULTIMEDIA
Pertama kita akan mengenal
Kategori Multimedia. Pada pembahasan kali ini kita artikan Multimedia yaitu
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,
animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Terdapat
2 (dua) kategori multimedia berdasarkan definisi dari Media/Medium itu sendiri
sebagai entitas yang dilewati oleh sesuatu, yaitu:
a. Multimedia Conten Production
Multimedia Konten Produksi yaitu penggunaan
dan pemrosesan beberapa media seperti text, audio, graphics, animation, video,
and interactivity yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan
produk multimedia seperti musik, video, film, game, entertainment, dan
lain-lain. Atau penggunaan sejumlah teknologi berbeda yang memungkinkan untuk
menggabungkan media (text, audio, graphics, animation, video, and
interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam kategori
ini media yang digunakan adalah media text, audio, video, animasi, graph/image,
interactivity, dan special effect.
b. Multimedia Communication
Multimedia Komunikasi Yaitu penggunaan
media (masa), seperti televisi, radio, cetak, dan internet, untuk
mempublikasikan/menyiarkan/mengkomunikasikan material advertising, publicity,
entertainment, news, education, dan lain-lain. Pada kategori ini media yang
digunakan adalah TV, Radio, Film, Cetak, Musik, Game, Entertainment, tutorial,
dan ICT (Internet).
Berikut merupakan tabel ilustrasi
dari keterkaitan antara multimedia conten production, dan multimedia
communication.
No |
Media Multimedia |
Media Multimedia |
||||||||
TV |
Radio |
Film |
Cetak |
Musik |
Game |
Entertainment |
Tutorial |
ICT |
||
1. |
Media Teks |
√ |
|
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
2. |
Media Audio |
√ |
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
3. |
Media Video |
√ |
|
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
√ |
4. |
Media Animasi |
√ |
|
√ |
|
|
√ |
√ |
√ |
√ |
5. |
Media Graph/image |
√ |
|
√ |
√ |
|
√ |
√ |
√ |
√ |
6. |
Media Interaktivity |
|
|
|
|
|
√ |
|
√ |
√ |
7. |
Media Special Effect |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
√ |
Pelajari Juga Komponen-Komponen Multimedia
B. KARAKTERISTIK MULTIMEDIA
Setelah mengetahui kategori
multimedia, yang kedua adalah kita harus mengenal karakteristik multimedia. Multimedia
setidaknya memiliki 2 bentuk karakteristik, yaitu:
1. Multimedia Bentuk linier, Yaitu
merupakan struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari 1
frame atau byte informasi ke frame/byte yang lainnya.
2. Bentuk non linier, yaitu
struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi secara bebas tidak dibatasi
oleh rute yang ditentukan.
Dari karakteristik tersebut di
atas meliputi:
a. Presentasi multimedia dapat
meliputi non linier dan atau interaktif dan linier atau pasif.
b. Multimedia dapat memuat hubungan
terstruktur yang disebut hypermedia.
c. Pengembang multimedia, membuat
judul multimedia dengan perangkat authoring, yaitu perangkat pengembangan
multimedia.
d. Projek multimedia ketika
dipublikasikan disebut judul multimedia.
Terdapat beberapa istilah yang
sering digunakan dalam pemanfaatan multimedia, yaitu:
a. Multimedia Interaktif, yaitu
multimedia yang pengguna akhir atau user dapat mengontrol konten kumtimedia apa
dan dalam hal apa urutan element multimedia dikirimkan.
b. Programmer Multimedia, yaitu
orang-orang yang mengintegrasikan elemen bentuk multimedia dan dapat secara keseluruhan
yang harus menggunakan sebuah sistem authoring/ bahasa pemrograman.
c. Projek Multimedia, yaitu
sarana perangkat lunak atau software pesan dan isi yang dapat dipresentasikan
pada sebuah layar komputer atau televisi. Atau juga bisa disebut dengan proses
pembuatan multimedia.
Pelajari juga Memahami Etimologi Multimedia
C. MANFAAT MULTIMEDIA
Setelah kita mengetahui kategori
dan karakteristik daripada multimedia, selanjutnya kita pelajari mengenai
manfaat multimedia. Ada beragam manfaat multimedia, antara lain:
a. Industri Kreatif
Pada bidang industri kreatif
menggunakan multimedia digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari seni,
hiburan, dan seni komersial.
b. Komersial
Untuk menarik perhatian dalam
periklanan dibutuhkan presentasi media yang menarik. Bisnis komunikasi
seringkali dikembangkan oleh tim kreatif sebuah perusahaan untuk menawarkan
atau menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.
c. Hiburan dan Seni Rupa
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, hususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan
animasi. Pada multimedia permainan/games dan program perangkat lunak telah
tersedia dan terdistribusi dalam bentuk CD-ROM atau secara Online. Beberapa video
games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai
penerima pasif informasi.
d. Pendidikan
Dalam dunia pendidikan,
multimedia biasanya digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan
buku referensi seperti ensiklopedia yang memungkinkan pengguna melalui
serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar terkait
dalam berbagai format informasi. Informal edutainment merupakan sebuah istilah
yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan,
terutama hiburan multimedia. Perkembangan proses pembelajaran saat ini telah
berkembang dengan pesat karena penggunaan multimedia.
e. Teknik
pada bidang teknik, Perangkat
lunak dapat menggunakan multimedia untuk menciptakan simulasi komputerisasi
untuk sebagai pelatihan. Contohnya pelatihan militer atau insustri, simulasi,
dan lainnya. Multimedia juga dapat dimanfaatkan untuk desain web interface
dalam beberapa perangkat lunak.
f. perindustrian
Di sektor industri multimedia
digunakan sebagai sarana untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang
saham, rekan kerja dan atasan dalam memantau perkembangan perusahaan. Multimedia
pada sektor indistri juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan bagi karyawan,
periklanan, dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui
web berbasis teknologi.
g. Matematika dan Penelitian
Ilmiah
Dalam matematika dan penelitian
ilmiah, multimedia dipakai khususnya untuk modeling dan simulasi. Misal,
seorang ilmuan kimia bisa melihat pada model molekular tertentu dari substansi
dan memanipulasinya menjadi suatu zat baru. Perwakilan penelitian bisa kita
temukan di jurnal seperti journal of multimedia.
h. Kesehatan
Dalam bidang kesehatan misalnya
dalam hal pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat visualisasi virtual
operasi atau secara visual mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia
yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri, kemudian mengembangkan
teknik bagaimana mencegahnya.
i. Gambar Dokumen
Pengambilan Foto Copy / Scan /Dokumen dan mengkonversi ke dalam format digital.
Pelajari juga Pemanfaatan Multimedia dalam Kehidupan Sehari-hari
Post a Comment