MENGGAMBAR OBJEK SEDERHANA DENGAN APLIKASI ADOBE FLASH CC 2015
Sebelum membahas bagaimana membuat objek sederhana dengan aplikasi animasi 2 dimensi, terlebih dahulu kita kenali dulu objek pada animasi 2 dimensi. Objek dalam animasi 2 Dimensi adalah suatu tipe data berupa suara, gambar, atau teks. Pada animasi 2D objek dapat digunakan untuk mengontrol movie. Aplikasi animasi 2Dimensi yang akan digunakan dalam hal ini adalah Adobe Flash, yaitu salah satu software yang dirancang khusus sebagai aplikasi standart authoring tool professional yang digunakan untuk membuat animais dan bitmap yang sangat menarik. Aplikasi ini didesain dengan kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang andal.
Objek
pada animasi 2 dimensi terdiri dari vector dan image (bitmap). Objek vector
merupakan gambar yang dibuat dengan unsur garis dan kurva. Sementara objek
bitmap/image merupakan objek grafis yang tersusun atau terdiri atas pixel
dimana setiap pixel dalam objek tersebut membuat informasi berupa warna yang
akan ditampilkan.
Gambar
berbasis vector tergantung pada resolusi sehingga saat gambar tersebut
diperbesar atau diperkecil kualitas gambar akan tetap sama tanpa kehilangan
detail dari gambar tersebut. Jenis gambar ini merupakan gambar digital berbasis
persamaan matematis. Pada umumnya gambar vector memiliki ukuran yang lebih
kecil jika dibandingkan dengan gambar jenis image/bitmap.
Pixel
pada Gambar bitmap/image sering disebut juga dengan gambar raster merupakan
element gambar yang membentuk titik-titik yang kecil pada tampilan layar.
Jumlah pixel pada gambar bitmap akan menentukan resolusi gambar. Berbeda dengan
vector, kualitas bitmap dipengaruhi oleh resolusi.
Itulah
penjelasan singkat mengenai objek. Selanjutnya sebelum memulai menggambar objek
sederhana dengan aplikasi animasi, kita harus mengenal dulu aplikasi animasi 2
dimensi yang akan digunakan, dalam hal ini yaitu Adobe Flash CC 2015.
Gambar : Layout Adobe Flash CC 2015 |
Pertama
kita kenali dulu komponen-komponen yang terdapat pada layout atau tampilan
aplikasi Adobe Flash. Berikut komponen-komponen yang dimaksud:
1.
Tab Dokumen. Merupakan tabulasi dari lembar kerja atau stage yang sedang dikerjakan,
biasanya berisi nama_file.fla
2.
Menu Bar. Merupakan kumpulan perintah dalam bentuk teks.
3.
Workspace, merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatut tampilan area kerja
adobe flash CC 2015.
4.
Stage, merupakan area untuk membuat atau memodifikasi seluruh objek dalam
program flash
5.
Scale View, berfungsi untuk mengatur skala lembar kerja / stage.
6.
Timeline, merupakan bagian untuk mengatur dan mengontrol isi document dalam
layar dan frame.
7.
Nama Panel, berisi panel properties dan
panel library yang digunakan untuk
mengatur objek, frame, stage, dan symbol.
8.
Panel Tools, merupakan bagian yang
berisi tool-tool untuk membuat, mengatur, dan mendesain objek.
Tutorial: MEMBUAT ANIMASI 3D AVATAR DIRI SENDIRI DENGAN APLIKASI ZEPETO
Selanjutnya
kita akan bahas mengenai objek pada adobe flash. Ini pengetahuan dasar penting
sebelum kita menggambar di adobe flash. Terdapat beberapa objek yang dapat
dibuat dengan menggunakan adobe flash. Berikut adalah beberapa pengetahuan
dasar mengenai objek pada adobe flash.
1.
Stroke dan Fill
Objek
pada adobe flash terdiri dari dua bagian yaitu outline/stroke dan fill.
Outline/stroke merupakan bagian terluar dari objek tersebut. Sementara fill
adalah bagian dalam dari objek tersebut yang biasanya berisi warna atau gambar.
Gambar : Stroke dan Fill |
2.
Menggambar dengan Pen Tool.
Pen
Tool digunakan untuk menggambar objek dengan menggambar sebuah garis yang akan
membentuk sebuah objek. Selanjutnya menentukan posisi dari edit point yang
diinginkan.
3.
mengubah bentuk objek dengan selection tool.
Untuk
mengubah bentuk sebuah objek, pada aplikasi adobe flash dapat kita gunakan
selection tool. Dengan selection tool objek dapat kita ubah dengan menggerakan
atau menggeser outline/stroke (garis objek) dari objek tersebut.
Menggambar Objek Sederhana pada
Aplikasi Adobe Flash CC 2015
Dalam
membuat objek sederhana pada aplikasi adobe flash professional CC 2015 dapat
dilakukan menggunakan panel tools: rectangle tool, oval tool, line tool,
polystart tool, dan sebagainya. Objek yang dapat dibuat pada aplikasi Adobe
Flash CC 2015 diantaranya adalah garis, kotak, lingkaran, dan lain-lain.
Kita
akan bahas satu persatu beberapa objek yang bisa kita buat pada aplikasi Adobe
Flash CC 2015 ini:
Gambar : Properties Line tool, Rectangle tool, dan Oval Tool |
a. Menggambar Garis
Garis
adalah bentuk geometri atau objek yang terdiri dari titik yang bergerak. Garis hanya
memiliki satu dimensi yaitu panjang. Untuk membuat objek garis pada Adobe Flash
CC 2015 bisa menggunakan line tool. Berikut
adalah properties pada line tool beserta fungsinya.
Stroke Color, digunakan untuk memberi warna garis.
Stroke Hight, digunakan untuk mengatur ketebalan garis.
Style, digunakan untuk memilih jenis atau bentuk
garis.
Cap, digunakan untuk menentukan ujung garis.
b. Menggambar kotak
Untuk
menggambat objek kotak pada adobe Flash kita dapat menggunakan rectangle tool. Berikut ini adalah
properties pada rectangle tool disertai dengan fungsinya:
Fiil Color, digunakan untuk memberikan warna pada objek.
Rectangle corner radius, digunakan untuk mengatur kelengkungan sudut objek kotak.
c. Menggambar Lingkaran
Untuk
menggambar objek lingkaran pada Adobe Flash kita dapat menggunakan oval tool. Berikut adalah properties pada oval tool berserta dengan fungsinya:
Start Angle, digunakan untuk memotong garis oval dari batas awal objek.
End angle,
digunakan untuk memotong garis oval dari batas akhir objek.
Inner radius, digunakan untuk membentuk potongan dari pusat objek.
d. Menggambar Polystar
Untuk
menggambar objek bersudut selain kotak pada adobe flash dapat menggunakan
polystar tool. Berikut adalah properties
pada polystar tool beserta dengna fungsinya.
Style,
digunakan untuk memilih jenis Polygon atau Star
Number of side, digunakan untuk mengatur jumlah sisi yang akan digunakan pada polystar
tool.
Star Point Size, digunakan untuk mengatur ketajaman sudut pada objek bintang.
Gambar: Polystar Setting Options |
Pelajari: MENGENAL KAMERA VIDEO (JENIS, BAGIAN, DAN PRINSIP KERJA KAMERA VIDEO)
Berikut
ini contoh langkah-langkah kegiatan praktikum untuk menggambar objek sederhana
dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CC 2015:
1.
Persiapkan perangkat komputer PC/Laptop yang telah terinstal program Adebe
Flash CC 2015
2.
Buka aplikasi Adobe Flash CC 2015.
3.
Setelah tampil aturlah stage dengan ukuran HD Resolution (Width = 1280 &
Height = 720) dengan cara masuk ke menu modify kemudian pilih document dan
isilah nilai width dan heightnya lalu OK.
Gambar: Setting ukuran stage |
4.
Setelah stage siap buatlah objek garis dengan cara klik line tool atau tekan N pada keyboard.
5.
Klik dan geser pada stage hingga membentuk garis yang diinginkan, misal seperti contoh berikut:
Gambar: Menggambar objek garis pada adobe flash |
6.
Selanjutnya buatlah objek persegi panjang / kotak dengan cara klik rectangle
tool atau tekan R pada keyboard klik
dan geser pada stage hingga membentuk persegi panjang pada posisi seperti pada
gambar berikut.
Gambar: Membuat objek persegi / kotak pada adobe flash |
7.
Selanjutnya buatlah objek lingkaran dengan cara klik oval tool atau tekan O pada keyboard
8.
Klik dan geser pada stage sehingga membentuk longkaran seperti contoh pada
gambar berikut.
Gambar: Membuat objek lingkaran pada Adobe Flash |
9.
kemudian buatlah polygon dan star dengan cara klik polystar tool. Pada panel
properties pilihlah style sebagai polygon atay star.
10.
klik dan geser pada stage hingga membentuk polygon dan star seperti pada contoh
gambar berikut.
Gambar: Membuat objek lingkaran pada Adobe Flash |
11.
Selesai, kita telah berhasil membuat objek sederhana pada Adobe Flash. Simpan
hasilnya dengan nama “Latobjeksederhana_namakita.fla”
Online Casino In Goa | Cadang Pintar
ReplyDeleteIn Goa, the gambling 온카지노 도메인 industry is booming, with so many options including online slots and bingo in the market.