Header Ads

MENGENAL ISTILAH-ISTILAH DALAM AREA FLASH

Mengenal istilah-istilah dalam area flash

Hai sobat mediahanjar.com semuanya, ini permulaan kami membuat sebuah postingan artikel di mediahanjar.com. Tentu tidak mudah sebagai pemula dalam membuat sebuah blog. tapi kami pernah baca kalo Si jenius Albert Einstein pernah mengatakan "Semangat tinggi selalu mendapat perlawanan dari pemikiran biasa-biasa saja"

Baik sobat, sebelum kita mulai mempelajari tips dan trik di belajar tutorial ini, artikel pertama saya ini akan memperkenalkan istilah-istilah dalam area flash. apa agan semua sudah tau apa itu flash? biasanya software ini sering dipake untuk membuat sebuah animasi, tapi tidak sedikit juga yang menggunakan software ini untuk membuat sebuah aplikasi mobile atau games yang sederhana atau pun yang lebih dari sederhana.
dalam area Flash itu terdiri dari enam bagian gan, yaitu:
1. Menu, berisi sekumpulan instruksi atau perintah - perintah yang digunakan dalam flash. contohnya klik di menu file>save untu menyimpan dokumen. Menu ini terletak di bagian atas area flash.
2. Stage, yaitu dokumen atau kita sebut layar yang nantinya akan kita gunakan untuk meletakan objek-objek dalam Flash. Stage umumnya terletak di bagian tengah dari area Flash.
3. Tool Box, isinya adalah tools-tools yang berfungsi untuk membuat, menggambar, memilih bahkan memanipulasi objek atau isi yang terdapat pada layar dan timeline.
Toolbox dibagi menjadi empat bagian: Tools, View, Colors, dan Options. beberapa tools ada yang memiliki options yang berbeda. contohnya pada Arrow Tools itu di bagian Option akan tampil Snap to Object, smoot dan straighten. umumnya Toolbox ini terletak paga bagian kiri area Flash. akan tetapi di beberapa versi adobe flash posisinya berbeda. agar agan tidak bingung untuk di adobe flash agan bisa pilih menu windows>workspace>clasic
Tools Pada Adobe Flash

4. Timeline, area ini adalah area yang menampilkan layer dan frame-frame yang berfungsi untuk mengntrol objek yang akan kita animasikan. untuk macromedia flash tampilan Timeline ini secara default ada di bagian bawah menu. tapi untuk product adobe biasanya tampilan defaultnya ada di bagian bawah stage. kalo agan mau tampilan di atas tinggal atur aja di menu windows>workspace>clasic.


Pelajari juga Teknik Motion Tween pada Flash

5. Panel, bagian ini berisi kontrol fungsi untuk mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek atau animasi secara cepat dan mudah. umumnya bagian ini berada di sebelah kanan area flash. untuk menampilkan beberapa panel agan klik saja menu window>(nama panelnya) :-)
6. Properties, sebetulnya fungsinya hampir sama dengan panel, namun bagian ini merupakan penggabungan atau penyederhanaan dari panel, jadi agan bisa lebih cepat dalam mengganti dan memodifikasi berbagai atribut objek, animasi, frame, dan komponen secara langsung. untuk macromedia flash biasanya terletak di bagian bawah area flash, namun pada program adobe flash biasanya di sebelah kanan area flash.
sekian gan, itulah beberapa istilah dalam area flash yang mesti kita tahu sebelum kedepannya kita belajar mengenai tips dan trik Flash. :-)

terimakasih sudah membaca artikel mengenal istilah-istilah dalam area flash.

No comments